Rabu, 08 Oktober 2014

Hape Smartphone = Harga Mati


Halaman 17

Jumat, 14 Desember 2012
Pagi-pagi ada Pesan masuk dari mba Pici, "maaf Yogi, casan kamu kebawa sama aku."
*nangis*
"Abisnya kemarin aku buru-buru perginya."
*tambah nangis*
"Sekali lagi maaf yah, Gie."
*lari kepojokan. Mewek.*
Hemm, apa boleh buat, mau garuk-garuk tembok sampai tipis pun gak bakalan balik lagi tuh casan. Gue langsung ngubek-ngubek daerah Ulak Karang dan sekitarnya. Hunting casan. Karena sore ini gue mau melanjutkan lagi perjalanan.

Tiap gang gue telusuri, tiap konter hape gue singgahi, tiap rumah makan padang gue tanya, namun tidak ada satu pun yang menjual casan atau chargeran model gitu. Gue harus bisa mendapatkan chargeran itu. Hape Smartphone ini sudah menjadi barang sakral buat gue. Hape ini sudah menjadi harga mati dalam perjalanan menuju Sabang ini. Gue sudah ketergantungan dengan hape smartphone tersebut. Gimana enggak, hape smartphone itu udah lengkap banget aplikasinya. Diantaranya yang sering gue pake kalo di perjalanan:

Yang pertama, selain untuk nelepon dan SMS, hape smartphone ini biasa gue gunakan untuk mencari jalan dengan bantuan GPS (singkatannya cari sendiri di google) dan gue biasa menggunakan aplikasi Gmaps. Aplikasi ini sudah jadi aplikasi yang tercanggih yang pernah gue miliki. Gue bisa lihat semua jalan dari jalan yang terkecil sampai jalanan besar, terus bisa buat nyari alamat dan tempat juga, jadi kalau misalkan kita mau nyari alamat tukang somay, bisa langsung ketemu (ket: kang somaynya harus terdaftar di NASA). Tapi dengan menggunakan Gmaps ini, minimal gue bisa tau keberadaan gue saat itu ada di mana.

Yang kedua itu untuk berfoto-foto ria. Sudah kita ketahui kalo Hape Smartphone sudah lumayan bagus untuk mengabadikan pemandangan setiap tempat lewat sebuah gambar. Udah gitu fotonya bisa langsung di edit sedemikan rupa sesuai dengan yang kita inginkan dengan menggunakan berbagai aplikasi editing foto yang bisa di download secara gratis.

Yang ketiga dan yang paling terpenting menurut gue, sumpah ini penting banget. Setelah kita foto-foto pastilah kita ingin men-share dengan teman teman (dibaca: Pamer). Nah dengan hape ini kita bisa langsung menyebarluaskan hasil karya kita atau lebih tepatnya "foto narsis" kita kepada khalayak manusia yang ada di segala arah dan tujuan muka bumi ini #cetar. Aplikasi yang digunakan bisa Facebook, twitter, pacth, Instagram dan berbagai media sosial lainnya. 

Dan masih banyak kegunaan-kegunaan lainnya. Seperti memesan tiket, mencari tiket murah, mencari informasi tentang tempat yang akan kita kunjungi, dan lain sebagainya. Pokoknya banyak banget dah.
Bang Anto nyuruh gue nyari di Pasar Padang yang jaraknya jauh banget dari Ulak Karang. Daripada gue gak bisa foto-foto sama nyari jalan (padahal yang utama banget mah, buat update status), akhirnya gue pergi ke pasar. Sesekali gue singgah kalau ketemu tong sampah di jalan. Siapa tau ada yang ngebuang casan yang sejenis #Yakale.

Sampai di pasar, gue langsung singgah di sebuah toko Handphone yang lumayan besar. Syukur alhamdulillah akhirnya ada juga yang menjual benda tersebut, walaupun harganya nampol banget bagi gue. Duit 25 ribu harus melayang gitu aja dari dompet gue. Hufh! Gue langsung mengecas tuh Hape di basecamp, dan gue tinggal pergi sholat jumatan. Alhamdulillah, selesai juga masalah.

Selesai packing dan lain sebagainya, gue siap untuk berangkat menuju tempat selanjutnya di Sumbar. Gue pamitan dengan penguasa basecamp ini, siapa lagi kalo bukan bang Anto dan Husein. Tapi sedih juga karena gue gak bisa pamitan dengan bang Riko yang sedang dinas ke Pekanbaru Riau dari kemarin malam. Makasih buat bang Rico, Anto, Husein, dan teman-teman lainnya yang sudah menyambut dan menerima "gembel" seperti gue di Padang. Angkat jempol buat semangat dan dedikasi kalian semua terhadap pariwisata Sumbar. Terus perkenalkan alam Minang ini kepada semua orang, bahkan dunia sekali pun.
Di depan basecamp Backpacker Padang. Salam Silaturahmi!!!


Di tengah perjalanan, gue menyalakan Hape yang sudah dicas se-daritadi.
"Lohh, kenapa baru ke isi sedikit? Padahal udah dua jam lebih ngecas. Harusnya sudah full dong, tapi ini baru 20% yang keisi. Mampus dah, gimana inih?? Aaaargh!! Kacau balau. Lebih kecewanya lagi, duit 25 ribu gue harus melayang dengan percuma. *mewek di bawah selokan*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar